Download Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka: Google Drive | Mediafire
1. Apa yang dimaksud dengan Kebijakan Pemulihan Pembelajaran?
2. Apakah yang dimaksud dengan Kurikulum Merdeka?
3. Mengapa kita memerlukan Kurikulum Merdeka?
4. Apa pergantian ini tidak terlalu cepat? Kesannya seperti "Ganti Menteri Ganti Kurikulum".
5. Mengapa Kurikulum Merdeka dijadikan opsi? Mengapa tidak langsung ditetapkan untuk semua sekolah?
6. Apa kriteria sekolah yang boleh menerapkan Kurikulum Merdeka?
9. Bagaimana Kurikulum Merdeka bisa terus diterapkan secara berkelanjutan?
10. Bagaimana bentuk struktur kurikulum dengan penerapan Kurikulum Merdeka?
11. Apakah ada perubahan jam pelajaran dengan diterapkannya Kurikulum Merdeka?
12. Apakah perubahan struktur kurikulum ini berdampak pada jam mengajar guru?
13. Mengapa projek penguatan profil pelajar Pancasila membutuhkan alokasi waktu tersendiri?
14. Bagaimana dengan muatan lokal, apakah masih tetap diberikan kewenangan daerah?
15. Di mana posisi mata pelajaran muatan lokal dalam struktur kurikulum?
16. Apakah karakteristik utama Kurikulum Merdeka di satuan PAUD?
17. Ketika guru merancang kegiatan bermain-belajar di satuan PAUD, rujukan mana yang mereka gunakan?
18. Apakah metode Sentra tetap digunakan?
19. Apakah Kurikulum Merdeka mengajarkan calistung di PAUD?
20. Bagaimana menggunakan STPPA dan Capaian Pembelajaran (CP)?
21. Bagaimana mengembangkan alur dan tujuan pembelajaran di satuan PAUD?
22. Bagaimana mengembangkan modul ajar di PAUD?
23. Model-model pembelajaran apa sajakah yang dapat dipergunakan di satuan PAUD?
24. Mengapa pelajaran IPA dan IPS dijadikan satu pada jenjang SD?
25. Mengapa IPAS mulai diajarkan di kelas III?
26. Apakah pendekatan tematik masih digunakan?
27. Mengapa di SD tidak ada mata pelajaran keterampilan?
28. Apa yang berubah dengan Kurikulum Merdeka di SMP?
29. Mengapa tidak ada peminatan di kelas X?
30. Apakah tetap ada penjurusan di jenjang SMA?
32. Bagaimana dengan seleksi masuk perguruan tinggi bila tidak ada penjurusan?
33. Apakah peserta didik boleh mengganti pilihan mata pelajaran di kelas XII?
34. Mengapa ada mata pelajaran pilihan terkait vokasi?
35. Apakah ada batas maksimum pengambilan mata pelajaran pilihan untuk SMA?
37. Apakah yang dimaksud dengan unit inkuiri pada kelas X?
38. Komponen pembelajaran apa yang berubah di SMK?
39. Apa yang berubah pada spektrum keahlian SMK?
40. Apakah satuan pendidikan diberi kebebasan membuka konsentrasi keahlian?
41. Apa yang berubah pada struktur kurikulum SMK?
42. Apa yang dipelajari di mata pelajaran informatika?
43. Apa yang dipelajari di mata pelajaran projek ilmu pengetahuan alam dan sosial?
44. Apa kegunaan Mata Pelajaran Pilihan dalam kelompok Mata Pelajaran Kejuruan di SMK?
46. Apa isi kelompok Mata Pelajaran Kejuruan pada kelas X di SMK?
47. Apa isi kelompok Mata Pelajaran Kejuruan pada kelas XI dan XII di SMK?
49. Apakah lulusan SMK bisa melanjutkan ke perguran tinggi?
51. Apakah satuan pendidikan dapat melakukan kegiatan tanpa melibatkan pihak dunia kerja?
53. Apa peran mata pelajaran Projek Kreatif dan Kewirausahaan?
54. Apa yang berubah dari kurikulum sebelumnya untuk Kurikulum Merdeka di bagian pendidikan khusus?
56. Bagaimana penyediaan buku untuk peserta didik berkebutuhan khusus?
59. Apakah mata pelajaran TIK juga diajarkan di SLB?
61. Bagaimana penyusunan alur tujuan pembelajaran (ATP) di SLB?
62. Bagaimana pengembangan modul ajar di SLB?
63. Apa yang dimaksud dengan profil pelajar Pancasila?
65. Bagaimana menerapkan profil pelajar Pancasila pada Kurikulum 2013?
66. Mengapa pembelajaran melalui projek disebut sebagai "penguatan profil pelajar Pancasila"?
67. Apa itu projek penguatan profil pelajar Pancasila?
68. Apa saja perubahan yang timbul dengan adanya projek penguatan profil pelajar Pancasila?
69. Apa yang dimaksud dengan dimensi profil pelajar Pancasila?
70. Bagaimana implementasi projek profil pelajar Pancasila di satuan pendidikan?
71. Apa fungsi profil pelajar Pancasila?
72. Apa pengaruh profil pelajar Pancasila ke pembelajaran di kelas?
75. Di manakah nasionalisme dalam profil pelajar Pancasila?
77. Bagaimana mengukur ketercapaian profil pelajar Pancasila?
80. Bagaimana bentuk pelaporan hasil projek?
81. Apakah bentuk laporan hasil belajar projek profil pelajar Pancasila per mata pelajaran?
83. Apakah projek penguatan profil pelajar Pancasila hanya menggunakan pembelajaran berbasis projek?
85. Apa yang dimaksud dengan Capaian Pembelajaran (CP)?
86. Apakah Capaian Pembelajaran (CP) menggantikan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)?
88. Mengapa Capaian Pembelajaran (CP) mengintegrasikan kembali keterampilan, pengetahuan, dan sikap?
89. Mengapa Capaian Pembelajaran (CP) disusun per fase?
90. Referensi apa yang bisa digunakan untuk mendukung implementasi Capaian Pembelajaran?
91. Apakah capaian akhir untuk setiap fase bisa berbeda-beda?
92. Jika hanya 1 capaian akhir per-fase maka, bagaimana peserta didik mengejar ketertinggalan?
93. Apakah peserta didik akan selalu berada di fase yang sama untuk setiap mata pelajaran?
94. Apa yang dimaksud dengan perangkat ajar?
95. Bagaimana cara mengakses perangkat ajar?
96. Apa yang dimaksud dengan modul ajar?
97. Bagaimana cara menggunakan modul ajar di dalam kelas?
98. Apakah silabus dan RPP tetap dibuat?
99. Apa kaitan RPP dengan modul ajar?
100. Apakah buku teks yang ada sekarang masih bisa dipakai?
101. Apakah Kriteria Ketuntasan Minimal masih akan berlaku pada Kurikulum Merdeka ini?
104. Bagaimana bentuk rapor intrakurikuler?
107. Apakah satuan pendidikan yang telah menerapkan SKS dapat menggunakan Kurikulum Merdeka?
108. Apakah yang dimaksud dengan pembelajaran sesuai tahap capaian peserta didik?
Posting Komentar untuk "Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka"