Sumber: Panduan Pembelajaran dan Asesmen - unduh file pdf
Pemerintah menetapkan Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi pembelajaran yang dicapai peserta didik dari fase awal sampai fase akhir. Dulunya CP disebut KI-KD. CP diuraikan menjadi menjadi tujuan-tujuan pembelajaran yang lebih bersifat operasional dan konkret.
Dalam merencanakan pembelajaran, pendidik dapat:
1. mengembangkan sepenuhnya alur tujuan pembelajaran dan/atau perencanaan pembelajaran
2. mengembangkan alur tujuan pembelajaran dan/atau rencana pembelajaran berdasarkan conoth-contoh yang disediakn pemerintah
3. menggunakan contoh yang disediakan
Pendidik menentukan pilihan di atas berdasarkan kemampuan masing-masing.
Pemerintah menyediakan contoh alur tujuan pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran, dan modul ajar di Platform Merdeka Mengajar.
Memahami CP adalah langkah pertama yang harus dilakukan sehingga setiap pendidik tahu apa yang perlu mereka ajarkan kepada peserta didik terlepas pendidik mau mengembangkan alur tujuan pembelajaran atau tidak.
Dengan memahami CP, pendidik dapat mengetahui beberapa hal.
- materi apa saja yang akan dipelajari oleh peserta didik
- metode pembelajaran yang akan dilakukan oleh pendidik
- apakah CP tertentu dapat dicapai oleh peserta didik? (mengingat kondisi peserta didik yang beraneka ragam)
CP sudah disediakan oleh pemerintah dalam Keputusan BSKAP No.33/H/KR/2022.
Download file PDF Keputusan BSKAP Nomor 033/H/KR/2022 (CP terbaru plus CP projek)
Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka 2022"